Rabu, 06 Januari 2016

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

Hakikat pengelolaan PKR adalah upaya mencapai tujuan yang setinggi – tingginya dengan memanfaatkan segala sumber daya ( manusia, alam, social, budaya ) yang tersedia. Pengelolaan PKR yang efektif ditandai oleh pemanfaatan sebagian terbesar dari waktu yang tersedia untuk kegiatan belajar siswa, penampilan kualitas pembelajaran yang memadai, dan keterlibatan yang luas dari seluruh siswa dalam kegiatan belajar. Guru PKR dituntut untuk melakukan aneka cara mengisi waktu belajar, menampilkan kualitas pembelajaran, dan melibatkan siswa dalam belajar. Proses pembelajaran yang baik adalah proses pembelajaran yang efektif yang menurut Karweit (1987) ditandai oleh 3 hal yang kemudian dikenal sebagai prinsip pengelolaan PKR. Model Pengelolaan PKR Setiap model pengelolaan PKR memiliki kekuatan dan kelemahan. Dalam praktik, semua kembali pada tujuan belajar, kemampuan, dan sarana belajar yang tersedia.
Tiga model pembelajaran kelas rangkapdan pengelolaannya sebagai berikut.
a.       Model PKR 221 : Dua Kelas, Dua Mata pelajaran, Satu Ruangan.
b.      Model PKR 222 : Dua Kelas, Dua Mata Pelajaran, Dua Ruangan.
c.       Model PKR 333 : Tiga Kelas, Tiga Mata Pelajaran, Tiga Ruangan.

lihat resume model pembelajaran kelas rangkap yang lebih lengkap, KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar