MODEL-MODEL
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
Hakikat pengelolaan PKR adalah upaya
mencapai tujuan yang setinggi – tingginya dengan memanfaatkan segala sumber
daya ( manusia, alam, social, budaya ) yang tersedia. Pengelolaan PKR yang
efektif ditandai oleh pemanfaatan sebagian terbesar dari waktu yang tersedia untuk
kegiatan belajar siswa, penampilan kualitas pembelajaran yang memadai, dan
keterlibatan yang luas dari seluruh siswa dalam kegiatan belajar. Guru PKR
dituntut untuk melakukan aneka cara mengisi waktu belajar, menampilkan kualitas
pembelajaran, dan melibatkan siswa dalam belajar. Proses pembelajaran yang baik
adalah proses pembelajaran yang efektif yang menurut Karweit (1987) ditandai
oleh 3 hal yang kemudian dikenal sebagai prinsip pengelolaan PKR. Model
Pengelolaan PKR Setiap model pengelolaan PKR memiliki kekuatan dan kelemahan.
Dalam praktik, semua kembali pada tujuan belajar, kemampuan, dan sarana belajar
yang tersedia.
Tiga model pembelajaran kelas rangkapdan
pengelolaannya sebagai berikut.
a. Model PKR
221 : Dua Kelas, Dua Mata pelajaran, Satu Ruangan.
b. Model PKR
222 : Dua Kelas, Dua Mata Pelajaran, Dua Ruangan.
c.
Model PKR 333 : Tiga Kelas, Tiga
Mata Pelajaran, Tiga Ruangan.
lihat resume model pembelajaran kelas rangkap yang lebih lengkap, KLIK DISINI
lihat resume model pembelajaran kelas rangkap yang lebih lengkap, KLIK DISINI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar