Sabtu, 09 Januari 2016

HAKIKAT PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

HAKIKAT PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
A.    Hakikat Pembelajaran Kelas Rangkap
Negara ribuan pulau yang tersebar luas seperti Indonesia, tak pelak lagi akan menghadapi masalah distribusi atau penyebaran dan masalah disparitas atau perbedaan. Tak kecuali dalam sistem pendidikan kita.
            Dalam masalah distribusi guru misalnya, kita belum mampu untuk menyebarkan guru SD secara merata hingga ke pelosok tanah air. Padahal, jumlah guru SD secara keseluruhan tidaklah termasuk kurang. Akibatnya, terjadilah kekurangan guru secara lokal dimana-mana, khususnya di daerah kecil, sulit dan terpencil. Dalam masalah disparitas kualitas, hasil belajar rata-rata murid SD di kota-kota umumnya jauh lebih tinggi dari pada rekan-rekan mereka di daerah terpencil.

            Mengajar lebih dari 2 kelas akibat kekurangan guru, semakin memperburuk disparitas ini. Akan tetapi, perangkapan kelas bukanlah alasan yang selalu pantas untuk sealu di tuding. Mungkin yang lebih tepat dituding adalah karena kita belum menemukan teknik yang tepat untuk melakukan PKR.
Ingin melihat lebih lengkapnya, KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar