HAKIKAT PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
A.
Hakikat
Pembelajaran Kelas Rangkap
Negara
ribuan pulau yang tersebar luas seperti Indonesia, tak pelak lagi akan
menghadapi masalah distribusi atau penyebaran dan masalah disparitas atau
perbedaan. Tak kecuali dalam sistem pendidikan kita.
Dalam masalah distribusi guru
misalnya, kita belum mampu untuk menyebarkan guru SD secara merata hingga ke
pelosok tanah air. Padahal, jumlah guru SD secara keseluruhan tidaklah termasuk
kurang. Akibatnya, terjadilah kekurangan guru secara lokal dimana-mana,
khususnya di daerah kecil, sulit dan terpencil. Dalam masalah disparitas
kualitas, hasil belajar rata-rata murid SD di kota-kota umumnya jauh lebih
tinggi dari pada rekan-rekan mereka di daerah terpencil.
Mengajar lebih dari 2 kelas akibat
kekurangan guru, semakin memperburuk disparitas ini. Akan tetapi, perangkapan
kelas bukanlah alasan yang selalu pantas untuk sealu di tuding. Mungkin yang
lebih tepat dituding adalah karena kita belum menemukan teknik yang tepat untuk
melakukan PKR.
Ingin melihat lebih lengkapnya, KLIK DISINI
Ingin melihat lebih lengkapnya, KLIK DISINI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar